PROGRAM TAHUNAN
Satuan
Pendidikan : SD ............................
Kelas : III
Semester : I
Tahun Pelajaran : 20…/20…
Smtr
|
Tema
|
Stándar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
AW
|
KET
|
1
|
LINGKUNGAN
|
1. PKN :
·
Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
|
·
Mengamalkan makna satu nusa, satu bangsa dan
satu bahasa
·
Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam
kehidupan sehari- sehari
|
|
|
|
|
2. IPS :
·
Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama
di sekitar rumah dan sekolah
|
·
Menceritakan lingkungan alam dan buatan di
sekitar rumah dan sekolah
·
Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan
sekolah
·
|
|
|
|
|
3. Bahasa
Indonesia
Mendengarkan
·
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan
cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman,
dan petunjuk dengan bercerita dan
memberikan tanggapan/ saran
|
·
Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
·
Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang
disampaikan secara lisan
·
Menceritakan pengalaman yang mengesankan
dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
|
|
|
|
|
4. Matematika
·
Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
|
·
Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
|
|
|
|
|
5. IPA :
Memahami ciri-ciri dan
kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk hidup
|
·
Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan
makhluk hidup
·
Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada
makhluk hidup dan hal- hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan
perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi,
dan olah raga)
|
|
|
|
PENGALAMAN
|
1. PKN :
·
Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
|
·
Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan
Satu Bahasa
|
|
|
|
|
2. IPS :
·
Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama
di sekitar rumah dan sekolah
|
·
Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah,
dan kelurahan/desa
|
|
|
|
|
3. Bahasa
Indonesia
·
Mendengarkan
·
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan
cerita anak yang dilisankan
·
Berbicara
·
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman,
dan petunjuk dengan bercerita dan
memberikan tanggapan/ saran
|
·
Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang
disampaikan secara lisan
·
Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang
disampaikan secara lisan
·
Menceritakan pengalaman yang mengesankan
dengan menggunakan kalimat yang
runtut dan mudah dipahami
·
Memberikan tanggapan dan saran sederhana
terhadap suatu masalah dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
·
Menjelaskan isi teks (100 – 150 kata) melalui
membaca intensif
|
|
|
|
|
4. Matematika
·
Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
·
Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam
memecahkan masalah
|
·
Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
·
Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka
·
Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka
·
Memecahkan masalah penghitungan termasuk yang berkaitan
dengan uang
·
Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran,
timbangan, atau jam)
·
Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan
panjang, dan antarsatuan berat
|
|
|
|
|
5. IPA :
·
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
·
Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda
dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan
makhluk hidup
·
Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada
makhluk hidup dan hal- hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan
perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi,
dan olah raga)
·
Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan
pengamatan melalui benda padat,
cair dan gas
|
|
|
|
KEGIATAN
|
1. PKN :
·
Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
|
·
Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan
Satu Bahasa
·
Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam
kehidupan sehari-hari
·
|
|
|
|
|
2. IPS :
·
Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama
di sekitar rumah dan sekolah
|
·
Memelihara lingkungan alam dan buatan di
sekitar rumah
·
Melakukan kerja sama di lingkungan rumah,
sekolah, dan kelurahan/ desa
|
|
|
|
|
3. Bahasa
Indonesia
Mendengarkan
·
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan
cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman,
dan petunjuk dengan bercerita dan
memberikan tanggapan/ saran
Membaca
·
Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca
intensif dan membaca dongeng
Menulis
·
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi
dalam bentuk paragraf dan puisi
|
·
Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang
disampaikan secara Lisan
·
Memberikan tanggapan dan saran sederhana
terhadap suatu masalah dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
·
Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan
lafal dan intonasi yang tepat
·
Menjelaskan isi teks (100 – 150) melalui
membaca intensif
·
Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang
tersedia dengan memperhatikan
penggunaan ejaan
|
|
|
|
|
4. Matematika
·
Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
·
Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam
memecahkan masalah
|
·
Menentukan letak bilangan pada garis bingan
·
Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka
dan pembagian bilangan tiga angka
·
Melakukan operasi hitungan campuran
·
Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran,
timbangan, atau jam)
·
Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan
panjang, dan antarsatuan berat
|
|
|
|
|
5. IPA :
·
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
·
Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh
terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
·
Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda
dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
·
Menjelaskan
cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
·
Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan
pengamatan meliputi benda padat,
cair, dan gas
|
|
|
|
TEMPAT UMUM
|
1. PKN :
·
Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
|
·
Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan
Satu Bahasa
·
Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam
kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
2. IPS :
·
Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama
di sekitar rumah dan sekolah
|
·
Menceritakan lingkungan alam dan buatan di
sekitar rumah dan sekolah
·
Melakukan kerja sama di lingkungan rumah,
sekolah, dan kelurahan/ desa
|
|
|
|
|
3. Bahasa
Indonesia
Mendengarkan
·
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan
cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman,
dan petunjuk dengan bercerita dan
memberikan tanggapan/ saran
|
·
Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang
disampaikan secara lisan
·
-
Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan
·
kalimat yang runtut dan mudah dipahami
|
|
|
|
|
4. Matematika
·
Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam
memecahkan masalah
|
·
Melakukan penjumlahan
dan pengurangan tiga angka
·
Melakukan operasi hitungan campuran
|
|
|
|
|
5. IPA :
·
Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh
terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
·
Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda
dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Menjelaskan
cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
·
Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan
pengamatan meliputi benda padat,
cair, dan gas
·
Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, dan
kertas
|
|
|
|
HIBURAN
|
1. PKN :
·
Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
|
·
Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan
Satu Bahasa
·
Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam
kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
2. IPS :
·
Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama
di sekitar rumah dan sekolah
|
·
Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan
sekolah
|
|
|
|
|
3. Bahasa
Indonesia
Mendengarkan
·
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan
cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman,
dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan
tanggapan/ saran
Membaca
·
Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca
intensif dan membaca dongeng
Menulis
·
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi
dalam bentuk paragraf dan puisi
|
·
Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang
disampaikan secara lisan
·
Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang
disampaikan secara lisan
·
Menceritakan pengalaman yang mengesankan
dengan menggunakan kalimat yang
runtut dan mudah dipahami
·
Menjelaskan urutan membuat atau melakukan
sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
·
Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan
lafal dan intonasi yang tepat
·
Menceritakan isi dongeng yang dibaca
·
Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang
tersedia dengan memperhatikan
penggunaan ejaan
·
Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar
|
|
|
|
|
4. Matematika
·
Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
|
·
Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
·
Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka
dan pembagian bilangan tiga angka
·
Melakukan operasi hitung campuran
|
|
|
|
|
5. IPA :
·
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk hidup
·
Memahami
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga
kesehatan lingkungan
·
Memahami
sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
·
Menggolongkan
makhluk hidup secara sederhana
·
Membedakan
ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
·
Mendeskripsikan
perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna, atau rasa) yang dapat diamati akibat dari
pembakaran, pemanasan dan
diletakkan di udara terbuka
|
|
|
|
KESEHATAN
|
1. PKN :
·
Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
|
·
Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam
kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
2. IPS :
·
Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama
di sekitar rumah dan sekolah
|
·
Memelihara lingkungan alam dan buatan di
sekitar rumah
|
|
|
|
|
3. Bahasa
Indonesia
·
Mendengarkan
·
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan
cerita anak yang dilisankan
·
Berbicara
·
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman,
dan petunjuk dengan bercerita dan
memberikan tanggapan/ saran
|
·
Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang
disampaikan secara lisan
·
Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang
disampaikan secara lisan
·
Memberikan tanggapan dan saran sederhana
terhadap suatu masalah dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan
kata yang tepat
·
Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang
tersedia dengan memperhatikan
penggunaan ejaan
|
|
|
|
|
4. Matematika
·
Menggunakan
pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah
|
·
Menggunakan
alat ukur dalam pemecahan masalah
|
|
|
|
|
·
5.
IPA :
·
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk hidup
·
Memahami
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga
kesehatan lingkungan
·
|
·
Menggolongkan
makhluk hidup secara sederhana
·
Mendeskripsikan
perubahan yang terjadi pada makhluk hidup
dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan,
rekreasi, istirahat dan olah raga).
·
Mendeskripsikan
kondisi lingkungan yang berpengaruh
terhadap kesehatan
|
|
|
Jumlah
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
…………
............................
NIP
|
|
…………., ………….. ..
Guru Kelas III
…………
............................
NIP
|
PROGRAM
TAHUNAN
Satuan
Pendidikan : SD
............................
Kelas : III
Semester : II
Tahun Pelajaran : 20…/20…
Smtr
|
Tema
|
Stándar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
AW
|
KET
|
2
|
PERTANIAN
|
I. PKN
4. Memiliki kebanggaan sebagai
bangsa Indonesia
|
PKN
·
Mengenal
kekhasan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan
|
|
|
|
|
II. IPS
2. Memahami
jenis pekerjaan dan penggunaan uang
|
IPS
·
Memahami
pentingnya semangat kerja
|
|
|
|
|
III. IPA
4. Memahami
berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber
|
IPA
·
Mendeskripsikan
hasil pengamatan tentang pengaruh energi angin dapat diubah menjadi energi
gerak
·
Mengidentifikasi
sumber energi dan kegunaannya
·
Menerapkan
cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
IV. Matematika
3.Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
Matematika
·
Mengenal
pecahan sederhana
|
|
|
|
|
V. Bahasa Indonesia
5. Memahami
cerita dan teks drama anak yang dilisankan
6.
Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan
bertelepon dan cerita
7. Memahami
teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
8. Mengungkap-kan
pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
|
Bahasa Indonesia
·
Memberikan
tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya
·
Menirukan
dialog dengan eksperimen yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang
didengarnya
·
Menceritakan
peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
·
Menjawab
dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata)
yang dibaca secara intensif.
·
Menulis
karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan
kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan
tanda titik
|
|
|
|
KEPERLUAN
SEHARI – HARI
|
I. PKN
3. Memiliki harga diri sebagai
individu
|
PKN:
Mengenal
pentingnya harga diri
|
|
|
|
|
II. IPS
2. Memahami
jenis pekerjaan dan penggunaan uang
|
IPS:
Mengenal jenis-jenis pekerjaan
|
|
|
|
|
III. IPA
4. Memahami
berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber
|
IPA:
Menyimpulkan
hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
|
|
|
|
|
IV. Matematika
3.Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
Matematika :
§
Mengenal
pecahan sederhana
|
|
|
|
|
V. Bahasa Indonesia
5. Memahami
cerita dan teks drama anak yang dilisankan
6.
Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan
bertelepon dan cerita
7. Memahami
teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
8. Mengungkap-kan
pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
|
Bahasa
Indonesia :
§ Memberikan tanggapan sederhana tentang
cerita pengalaman taman yang didengarnya
§
Menirukan
dialog dengan eksperimen yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang
didengarnya
§
Menceritakan
peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
§
Menjawab
atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 - 200 kata)
yang dibaca secara intensif.
§ Menulis karangan sederhana berdasarkan
gembar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan
penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik
|
|
|
|
KERAJINAN
TANGAN
|
I. PKN
3. Memiliki harga diri sebagai
individu
|
IPS :
· Mengenal jenis-jenis pekerjaanj
· Memahami kegiatan jual bei di lingkungan
rumah dan sekolah
|
|
|
|
|
II. IPS
2. Memahami
jenis pekerjaan dan penggunaan uang
|
IPA :
· Membuat kincir angin untuk menunjukkan
bentuk energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
|
|
|
|
|
III. IPA
5. Menerapkan
konsep energi gerak
|
PKn :
· Memberi
contoh bentuk haraga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui
kelabihan dan kekurangan diri sendiri dan lain-lain
|
|
|
|
|
IV. Matematika
3.Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
4. Memahami unsur dan sifat-sifat
bangun datar sederhana
|
Matematika :
·
Mengenal
pecahan sederhana
|
|
|
|
|
V. Bahasa Indonesia
5. Memahami
cerita dan teks drama anak yang dilisankan
6.
Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan
bertelepon dan cerita
7. Memahami
teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
8. Mengungkap-kan
pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
|
Bahasa
Indonesia :
· Memberikan tanggapan sederhana tentang
cerita pengalaman taman yang didengarnya
· Melakukan percakapan melalui telepon/
alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas
· Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan
tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif.
· Menulis karangan sederhana berdasarkan
gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yangtepat dengan
memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik
· Menulis puisi berdasarakan gambar dengan
pilihan kata yang menarik
|
|
|
|
KEGEMARAN
|
I. PKN
·
Memiliki
harga diri sebagai individu
·
Memiliki
kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
|
PKN
·
Menampilkan
perilaku yang mencerminkan harga diri
·
Mengenal
kekhasan bangsa seperti, kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan
|
|
|
|
|
II. IPS
2. Memahami
jenis pekerjaan dan penggunaan uang
|
IPS
·
Memahami
kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah
|
|
|
|
|
III. IPA
Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia,
serta hubungannya dengan
cara manusia memelihara dan melestarikan alam
|
IPA
·
Mendiskripsikan
kenampakan permukaan bumi di lingkungan
|
|
|
|
|
IV. Matematika
Geometri dan Pengukuran
Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana
|
Matematika
·
Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana.
·
Mengidentifikasi
berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsur
|
|
|
|
|
V. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
5. Memahami
cerita dan teks drama anak yang dilisankan
Berbicara
6.
Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan
bertelepon dan cerita
Membaca
7. Memahami
teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
Menulis
8. Mengungkap-kan
pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
|
·
Bahasa Indonesia Memberikan tanggapan sederhana tentang
cerita pengalaman teman yang didengarnya
·
Menceritakan
peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
·
Menjawab
dan mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang
dibaca secara intensif
·
Membaca
puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat.
·
Menulis
karangan sederhana berdasarkan gambar seri, menggunakan pilihan kata dan
kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan
tanda titik
|
|
|
|
PENDIDIKAN
|
I. PKN
4.
Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
|
PKn
·
Mengenal
keiklashan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam,
keramahtamahan
|
|
|
|
|
II. IPS
2. Memahami
jenis pekerjaan dan penggunaan uang
|
IPS
·
Memahami
kegiatan jual beli di lingkungan rumah
|
|
|
|
|
III. IPA
6.
Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi
manusia, serta hubungannya
dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam
|
IPA
·
Menjelaskan
hubungan antara keadaan awan dan cuaca
|
|
|
|
|
IV. Matematika
5. Menghitung keliling, luas
persegi dan persegi panjang, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
Matematika
·
Menghitung
luas persegi dan persegi panjang
|
|
|
|
|
V. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
5. Memahami
cerita dan teks drama anak yang dilisankan
Berbicara
6.
Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan
bertelepon dan cerita
Membaca
7. Memahami
teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
Menulis
8. Mengungkap-kan
pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
|
Bahasa Indonesia
·
Menceritakan
perisitwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar
·
Menjawab
dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agalk panjang (150 – 250
kata) yang dibaca secara insentif
·
Menulis
karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan
kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan
tanda baca
·
Menulis
puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik
|
|
|
|
PERMAINAN
|
I. PKN
4. Memiliki
kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
|
PKN
·
Menampilkan
rasa bangga sebagai anak Indonesia
|
|
|
|
|
II. IPS
2. Memahami
jenis pekerjaan dan penggunaan uang
|
IPS
·
Mengenal
sejarah uang
·
Mengenal
penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan
|
|
|
|
|
III. IPA
6. Memahami
kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia
memelihara dan melestarikan alam
|
IPA
·
Mengidentifikasi
cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar
|
|
|
|
|
IV. Matematika
5. Menghitung keliling, luas
persegi dan persegi panjang, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
Matematika
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan keliling, luas persegi dan persegi panjang
|
|
|
Jumlah
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
…………
............................
NIP
|
|
…………., ………….. ..
Guru Kelas III
…………
............................
NIP
|
PROGRAM TAHUNAN KELAS 3
4/
5
Oleh
admin