kegiatan PAT semakin dekat saatnya kita belajar lebih intensif, ayo belajar !
LATIHAN
PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT)
Tema : 7 (tujuh)
Muatan Pelajaran : PPKn
dan Bahasa Indonesia
Kelas : IV (empat)
Kerjakan soal-soal berikut!
Pada soal pilihan ganda, kerjakan dengan cara
memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di
depan jawaban yang tepat!
1. Makna
semboyan Bhineka Tunggal Ika adalah ....
a.
Bersatu itu teguh bercerai itu runtuh
b.
Walaupun berbeda-beda tetap satu jua
c.
Bertambahnya kekuatan dengan bersatu
d.
Walaupun berbeda kita harus saling memberi
2. Pernyataan di bawah ini yang menunjukkan sikap
toleransi untuk menjalankan ibadah sesuai ajaran agamanya masing-masing adalah ....
a.
Wawan mengganggu Kesi saat berdoa
b.
Tio menghina Kadek saat menyembah patung
c.
Togar mempersilahkan Ahmad menjalankan salat di masjid saat azan tiba
d. Pak Dino tidak mengijinkan karyawannya menjalanlan
salat karena perkerjaanya masih banyak yang belum selesai
3. Perhatikan gambar di bawah ini!
Gambar di atas merupakan tempat ibadah umat
beragama . . .
a.
Hindu
b.
Islam
c.
Katholik
d. Konghucu
4. Lagu daerah di bawah ini yang berasal dari provinsi
Kalimantan Selatan adalah ....
a.
Apuse
b.
Soleram
c.
Bungong Jeumpa
d.
Ampar-ampar pisang
5.
Pernyataan di bawah ini merupakan tindakan yang mencerminkan sikap
toleransi dalam keragaman adalah ....
a.
Membenci perbedaan dalam masyarakat
b.
Membatasi berinteraksi dengan orang yang berbeda suku, agama, ras,
budaya maupun golongan
c.
Hidup berdampingan secara damai dengan orang lain meskipun berbeda suku,
agama, ras, budaya maupun golongan
d.
Ramah dan berinteraksi dengan baik tanpa ada sekat hanya dengan orng
yang berasal dari suku, agama, ras, budaya maupun golongan yang sama.
6.
Tindakan berikut yang harus kita hindari karena dapat memecah belah persatuan dan
kesatuan bangsa adalah ....
a.
Menghargai
budaya daerah lain
b.
Tidak
memaksakan kehendak kepada orang lain
c.
Peduli terhadap lingkungan dan
masyarakat sekitar
d.
Mementingkan kesejahteraan dan keuntungan diri sendiri
7. Tarian adat yang berasal dari provinsi
Bali salah satunya adalah ....
8. Rumah adat Mbaru Niang terletak di
Provinsi ....
9. Indonesia merupakan negara yang kaya akan
keragaman salah satunya adalah bahasa daerah. Selain memiliki keragaman bahasa
daerah kita mempunyai bahasa persatuan yaitu ....
10. Suku bangsa yang berada di provinsi DKI Jakarta adalah ....
11. Bahasa Sunda merupakan bahasa daerah dari provinsi
....
12. Salah satu cara melestarikan penggunaan
pakaian adat adalah ....
13. Keragaman masyarakat Indonesia merupakan
kekayaan budaya yang berperan sebagai alat untuk mempererat rasa ....
14. Sebutkan 3 contoh sikap yang baik terhadap
keragaman suku bangsa di Indonesia!
Jawab :
………………………………………………………………………
……………………………………………………………………...
………………………………………………………………………
15. Sebutkan 3 cara mencegah kepunahan bahasa
daerah!
Jawab : ………………………………………………………………………
……………………………………………………………………...
………………………………………………………………………
16. Sebutkan dampak negatif bagi NKRI yang
disebabkan tidak adanya pemahaman atas keragaman dalam masyarakat Indonesia!
Jawab : ………………………………………………………………………
……………………………………………………………………...
………………………………………………………………………
17.
Sebutkan
3 contoh tindakan yang mencerminkan sikap toleransi dalam keragaman agama!
Jawab : ………………………………………………………………………
……………………………………………………………………...
………………………………………………………………………
18.
Sebutkan
3 contoh tindakan yang mencerminkan sikap toleransi yang dapat dilakukan di sekolah!
Jawab : ………………………………………………………………………
……………………………………………………………………...
………………………………………………………………………
19. Kalimat Bhinneka Tunggal Ika pada lambang
negara Garuda Pancasila bukan cuma slogan. Slogan artinya . . .
a. Kalimat pendek yang menarik dan mudah diingat
b. Kalimat iklan untuk penjualan suatu produk tertentu
c. Plakat karya seni yang memuat komposisi gambar dan
huruf
d. Gambar yang mengandung kritikan/sindiran dengan gaya aneh dan lucu.
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 20-22!
Seni
Gerabah di Indonesia
Pembuatan gerabah secara
tradisional tersebar di wilayah Nusantara. Di Jawa, tempat yang terkenal dengan
pembuatan gerabah adalah Kasongan Yogyakarta. Kasongan adalah daerah di
Kecamatan Kasihan, Bantul. Letak Kasongan kurang lebih 8 km di sebelah barat
daya Yogyakarta. Gerabah Kasongan awalnya biasa saja. Perajin Kasongan dahulu
hanya membuat barang-barang rumah tangga, seperti anglo, cobek, dan kendi.
Namun, pada tahun 1970-an, Bapak Sapto Hudoyo, seorang seniman Yogyakarta
mendidik perajin di sana. Mereka diajari cara membuat karya seni dari tanah
liat. Sejak saat itu, seni gerabah semakin bermunculan. Para perajin membuat
kendi yang lebih unik. Mereka juga membuat vas yang dilengkapi aneka hiasan.
Semakin hari, pengetahuan dan keahlian perajin makin berkembang. Hasilnya,
seperti yang kita lihat sekarang. Gerabah Kasongan menjadi terkenal dan
banyak dicari.
(sumber:Buku
Siswa Tema 7 Kelas 4)
20. Pernyataan di bawah ini yang sesuai dengan paragraf di atas adalah ....
a.
Harga gerabah di Kasongan termahal di seluruh
Indonesia
b.
Bapak Sapto Hudoyo adalah seorang seniman yang berasal
dari Magelang.
c.
Perkembangan gerabah di Kasongan awalnya biasa saja
dan hanya membuat barang-barang rumah tangga.
d.
Gerabah Kasongan dari awal sudah merupakan gerabah
yang unik terkenal dan banyak dicari
21. Kesimpulan dari penggalan cerita“ Seni Gerabah di Indonesia adalah
....
a.
Perkembangan seni gerabah di Kasongan bersifat tetap dan pengetahuan
pengrajin hanya sebatas membuat alat kebutuhan rumah tangga.
b.
Para perajin membuat kendi yang lebih unik dan vas
yang dilengkapi aneka hiasan secara mandiri tanpa didampingi ahli dalam bidang
seni.
c.
Gerabah di Kasongan menjadi terkenal dan banyak dicari karna pengrajin
sudah sejak awal memiliki pengetahuan tentang seni tanpa dididik oleh siapapun.
d.
Perkembangan seni gerabah di Kasongan pada awalnya biasa, kemudian pengrajin
dididik oleh seniman sehingga pengetahuan dan
keahlian perajin makin berkembang, hasilnya gerabah Kasongan menjadi terkenal
dan banyak dicari
22. … Namun, pada tahun 1970-an, Bapak Sapto
Hudoyo, seorang seniman Yogyakarta mendidik perajin di sana. Arti kata seniman
adalah ....
a. Orang yang mahir mengolah kata
b. Seseorang yang mahir di bidang seni
c. Orang yang mahir dalam bidang kebudayaaan
d. Orang yang mahir dalam bidang politik kenegaraan
23. Karnaval mini ini merupakan upaya edukasi bagi masyarakat.
Karnaval ini diharapkan dapat meneguhkan kesadaran masyarakat bahwa di
Indonesia ini terdapat keragaman suku bangsa. Keragaman itu terlihat dari
kostum, atribut, dan
lambang yang dikenakan para peserta karnaval.
Gagasan
pokok paragraf di atas adalah ...
a.
Karnaval mini ini merupakan upaya edukasi bagi masyarakat
b.
Keragaman itu terlihat dari kostum, atribut,dan lambang yang dikenakan
para peserta karnaval
c.
Karnaval ini diharapkan dapat meneguhkan kesadaran masyarakat bahwa
keragaman itu terlihat dimana saja
d.
Karnaval ini diharapkan dapat meneguhkan kesadaran masyarakat bahwa di
Indonesia ini terdapat keragaman suku bangsa.
24. Badan
Geologi Kementerian ESDM belum menemukan penyebab longsornya material Gunung
Anak Krakatau. Volume longsoran Gunung
Anak Krakatau yang
memicu tsunami di
Selat Sunda pada 22 Desember 2018 lalu mencapai 80 juta meter kubik. Kepala
Bidang Mitigasi Gunung api Badan Geologi Kementerian ESDM, Hendra Gunawan
memastikan bahwa longsor Gunung Anak Krakatau sebagai penyebab tsunami. Akan
tetapi untuk menentukan penyebab longsor itu terjadi, Hendra dan pihaknya
mengaku belum mendapat jawaban konkret.
Gagasan
pokok paragraf di atas adalah
....
a.
Penyebab terjadinya longsor material Gunung
Anak Krakatau belum ditemukan.
b.
Hendra Gunawan sudah menentukan penyebab
terjadinya longsor Gunung Anak Krakatau
c.
Volume longsoran Gunung Anak Krakatau di Selat
Sunda mencapai 80 juta meter kubik.
d.
Hendra Gunawan memastikan bahwa longsor
Gunung Anak Krakatau sebagai penyebab tsunami
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 25-28!
Keragaman Agama di
Indonesia
Letak geografis Indonesia di antara dua
samudera dan dua benua menjadikan Indonesia sebagai pusat lalu lintas
perdagangan internasional. Salah satu akibatnya, terjadilah persebaran agama
dari para pedagang asing yang berdagang dan singgah di Indonesia. Pada awalnya
masuk agama Hindu dan Buddha yang dibawa bangsa India. Selanjutnya, datang
bangsa Gujarat membawa ajaran agama Islam, bangsa Eropa membawa ajaran agama
Katolik dan Kristen, serta bangsa Cina membawa ajaran agama Konghucu. Jadi,
keragaman agama telah ada sejak zaman dahulu. Dalam suasana keragaman beragama
itu, setiap warga negara Indonesia dijamin haknya untuk memeluk keyakinan atau
kepercayaan masing-masing. Di Indonesia terdapat enam agama yang diakui negara.
Keenam agama/kepercayaan itu yaitu Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Buddha, dan
Konghucu.
Pemeluk agama diwajibkan menjalankan ajaran
agama masing- masing. Setiap
agama memiliki tata cara beribadah, kitab suci, dan tempat ibadah yang berbeda.
Negara memberikan kebebasan bagi semua pemeluk agama untuk menjalankan ibadah
sesuai ajarannya masing-masing.
25. Salah satu persebaran agama di Indonesia diakibatkan
karena adanya ....
26. Bangsa Gujarat ke Indonesia membawa ajaran agama
....
27. Ajaran agama Konghucu dibawa ke Indonesia oleh Bangsa ....
28. Sebutkan 6 agama yang diakui di Indonesia !
Jawab : ………………………………………………………………………
……………………………………………………………………...
………………………………………………………………………
29. Hanham dan
teman-teman senang melihat proses
pembuatan kain batik karena pengetahuan mereka bertambah. Sinonim dari kata senang adalah ....
Bacalah teks berikut ini
untuk menjawab soal nomor 30-33
Kain Tenun Ikat Flores
Kain tenun ikat dari Flores dibuat dengan cara tradisional. Proses pembuatannya
bermula dari pengolahan biji kapas yang dipintal menjadi benang. Benang
kemudian ditenun menjadi kain. Kain tersebut kemudian diberi pewarna alami yang
berasal dari berbagai jenis tanaman.
Setiap daerah di Flores memiliki corak dan motif kain tenun yang berbeda.
Kain tenun Ende berwarna dominan cokelat dan merah, dengan ciri khas
menggunakan satu jenis motif di tengah kain. Kain tenun Sikka berwarna gelap,
seperti hitam, cokelat, dan biru. Kain ini menggunakan motif okukirei dan
mawarani. Kain tenun Lio bermotif tiga emas. Motif ini diyakini dapat membuat pemiliknya
kaya raya.
(sumber:Buku Guru Tema 7 Kelas 4)
30. Kain tenun ikat dari Flores dibuat dengan cara tradisional.
Antonim/perlawanan kata dari kata yang dicetak miring
adalah ....
31. Tuliskan kalimat utama dari masing-masing
paragraf dari bacaan Kain Tenun Ikan Flores!
Jawab:
..............................................................................................................
..............................................................................................................
..............................................................................................................
32. Sebutkan 3
kosakata sulit dari bacaan di atas!
Jawab:
..............................................................................................................
...............................................................................................................
...............................................................................................................
33. Tulislah
kesimpulan dari bacaan Kain Tenun Ikan Flores!
Jawab:
..............................................................................................................
...............................................................................................................
...............................................................................................................
...............................................................................................................
34. Buatlah
paragraf yang berisi 3 (tiga) kalimat yang berisi informasi tentang gambar di
bawah ini,
dengan menggunakan kosakata baku !
Jawab: ……………………………………………………………………..
………………………………………………………………………
……………………………………………………………………….
35. Tulislah menggunakan tanda baca dan ejaan
yang tepat kalimat di bawah ini!
siti pergi melihat proses pembuatan batik di yogyakarta
Jawab: ................
penilaian akhir tahun tema 7 kelas 4 muatan PPKn B.Indo
4/
5
Oleh
admin