Friday, January 16, 2015

Tiket ke Surga



 Tiket ke Surga!


Sohabat, pernahkah diuji dengan orangtua yang sakit? Entah itu orangtua kandung ataupun mertua? Bagaimana rasanya merawat mereka, apalagi jika sakit dalam jangka waktu yang lama? Lelah? Sakit hati? Kesal? Suka ngomel-ngomel? Putus asa?
Eit, jangan sampai kita salah bersikap! Karena sesungguhnya orangtua sakit selayaknya tiket gratis menuju surga! Bukankah kita semua mengaku ingin ke surga? Mengapa ada tiket gratis malah disia-siakan?
Berikut ini beberapa hadits mengenai merawat orangtua:
1. Pintu surga yang paling bagus
Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,
"ORANG TUA adalah PINTU  SURGA  YANG PALING TENGAH, terserah kamu, hendak kamu  terlantarkan ia, atau kamu hendak menjaganya."
(HR Tirmidzi)

Al-Qadhi berkata,  " Maksud pintu surga yang paling tengah  adalah pintu yang PALING BAGUS dan PALING TINGGI.  Dengan kata lain,  sebaik-baik sarana yang bisa mengantarkan seseorang ke dalam surga dan meraih  derajat yang tinggi adalah dengan mentaati orangtua dan menjaganya."  
2. Kecelakaan untuk yang mengabaikan orangtua
Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,  "Sungguh celaka... sungguh celaka... sungguh celaka..",
lalu  Seseorang bertanya "Siapakah itu wahai Rasulullah?"
Beliau bersabda,  "Yakni orang yang mendapatkan salah satu orang tuanya, atau kedua  orang tuanya berusia lanjut, namun ia tidak juga bisa masuk surga."

(HR Muslim)  
3. Meskipun orangtua zalim, tetap seorang anak wajib menjaganya
Seorang muslim yang mempunyai kedua orang tua yang muslim, kemudian ia senantiasa berlaku baik kepadanya, maka Allah berkenan membukakan dua pintu surga baginya. Kalau ia memiliki satu orang tua saja, maka ia akan mendapatkan satu pintu surga terbuka. Dan kalau ia membuat kemurkaan kedua orang tua maka Allah tidak ridha kepada-Nya.” Maka ada seorang bertanya, “Walaupun keduanya berlaku zhalim kepadanya?” Jawab Rasulullah, “Ya, sekalipun keduanya menzhaliminya.” (HR. Bukhari).
4. Salah satu amalan utama
"Aku bertanya kepada Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam tentang amal-amal yang paling utama dan dicintai Allah ? Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam menjawab, Pertama shalat pada waktunya (dalam riwayat lain disebutkan shalat di awal waktunya), kedua berbakti kepada kedua orang tua, ketiga jihad di jalan Allah" [Hadits Riwayat Bukhari I/134, Muslim No.85, Fathul Baari 2/9]
5. Doa untuk orangtua
 “Dan Rabb-mu telah memerintahkan agar kamu jangan beribadah melainkan hanya kepada-Nya dan hendaklah berbuat baik kepada ibu-bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, ‘Ya Rabb-ku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil.’” [Al-Israa' : 23-24]
6. Tanda Durhaka
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa membuat hati orang tua sedih, berarti dia telah durhaka kepadanya.” (HR. al Bukhari)
Sobat Beginilah Islam meninggikan orangtua, maka semoga kita bisa menjadi anak yang baik dan melayani orangtua dalam keadaan sehat maupun sakit, senang ataupun sedih.

Bahan Bangunan Lainnya :

Tiket ke Surga
4/ 5
Oleh