Friday, September 18, 2015

Tujuan dan Tekhnik Penilaian dalam Kegiatan Belajar Mengajar

Didalam kegiatan belajar mengajar seorang guru harus melakukan penilaian atau evaluasi ketika setelah selesai melakukan proses belajar mengajar dikelas, biasanya dilakukan setelah materi yang sudah disampaikan sudah habis atau sudah selesai. Proses penilaian (evaluasi ) yang biasa disebut dengan ulangan oleh siswa, dan bagi mahasiswa istilah ulangan mungkin tidak berlaku lagi karena dalam Perguruan Tinggi istilah ulangan biasanya disebut dengan Quiz. Apa Tujuan Penilaian yang sering dilakukan oleh seorang pendidik? tujuan penilaian adalah untuk mengetahui daya serap siswa tentang materi pelajaran yang sudah disampaikan oleh seorang guru atau pendidik. Didalam penilaian ada berbagai macam tekhnis yang dilakukan seperti, Tes dalam bentuk tes tulis ataupun dalam bentuk tes lisan.
Proses Penilaian

Berikut beberapa tujuan dari penilaian yang harus anda ketahui !

Tujuan Penilaian

  1. Mengetahui potensi siswa, yaitu apakah bisa melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi atau tidak
  2. Untuk mengetahui prestasi yang diraih
  3. Mengadakan seleksi yaitu seleksi naik kelas/seleksi masuk PT atau seleksi pemilihan jurusan
  4. Mengetahui letak kesulitan yang dihadapi siswa
  5. Memberi bantuan dalam pengelompokan diskusi yaitu mencampur anak yang pintar dan anak yang terlambat dalam berpikir.
  6. Menjadi motivasi bagi bagi siswa untuk belajar lebih giat
  7. Sebagai data atau bukti dilaporkan ke orang tua siswa
  8. Sebagai data penentuan, misalnya mencari hubungan antara nilai Matematika dengan IPA, IPS dengan IPA.

Prinsip Penilaian

  1. Obyektif, artinya berdasarkan bukti nyata bukan main perasaan
  2. Kontinue (terus menerus)
  3. Komprehensif (menyeluruh) yaitu menilai kemampuan, pengetahuan sikap, kejujuran dan kerajinan dll.

Prinsip Dasar Penilaian

  1. Penilaian adalah alat komunikasi yaitu komunikasi antar sekolah dengan sekolah, sekolah dengan orang tua, sekolah dengan masyarakat.
  2. Tujuan utama penilaian, membantu anak untuk mencapai perkembangan maksimal
  3. Penilaian terhadap anak harus dibandingkan dengan dirinya jangan dengan siswa lain
  4. Dalam penilaian hendaknya dilakukan dengan berbagai penilaian seperti, pemberian tugas, kehadiran, diberi tahu, portopolio, dll.

Tekhnik Penilaian (Evaluasi)

  1. Tes, digunakan untuk menilai kemampuan/pengetahuan siswa atau mengetahui intelegensi. Tes ada 2 yaitu ; tes standar dan tes buatan guru, tes buatan guru ada 2; tes obyektif dan tes subyektif.
  2. Non tes, dibagi 3
         a. Cek list
         b. Rating scala (skala tingkatan)
         c. Metode sosiometri; untuk mengetahui tingkatan hubungan antar siswa.

Sekian dulu penjelasan tentang Tujuan dan Tekhnik Penilaian dalam Kegiatan Belajar Mengajar, semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca

Bahan Bangunan Lainnya :

Tujuan dan Tekhnik Penilaian dalam Kegiatan Belajar Mengajar
4/ 5
Oleh