Saturday, October 10, 2015

Inilah 6 Cara Mengubah Kegagalan Menjadi Keberhasilan

  Jangan terpuruk dari kegagalan terlalu lama. Bangkit dan raihlah keberhasilan.

Situasi buruk dan baik terjadi pada kita semua. Sayangnya, itu adalah sifat alami manusia untuk selalu memikirkan yang buruk. Kita menjadi frustrasi, dan frustrasi mengarah ke kegagalan.
Banyak orang terpuruk begitu mendapatkan kegagalan dan enggan untuk bangkit berusaha. Ini suatu hal yang manusiawi tetapi sangat tidak baik jika terus dilakukan. Seseorang harus bangkit dari kegagalan.
Jadi, pertanyaan besarnya adalah apa yang harus dilakukan selanjutnya setelah terjadi kegagalan.
 6 Cara Ubah Kegagalan Menjadi Keberhasilan
 Berikut enam cara mengubah kegagalan menjadi keberhasilan yang dikutip dari Enterpreneur.

1. Menerima kenyataan pahit
Apa yang sudah terjadi telah menjadi bubur. Tidak ada gunanya meratapi kesalahan yang dibuat. Masa lalu tidak dapat diubah. Sebaliknya, gunakan energi Anda untuk membangun masa depan.

2. Jadikan kegagalan guru yang baik
Jadikan kegagalan sebagai pelajaran hidup dan ciptakan hal-hal yang lebih baik setelahnya. Alih-alih kehilangan semangat, silakan belajar, belajar dan belajar lagi. Dan jangan takut untuk melakukan hal ini. Anda mungkin tidak menyukai hal-hal baru yang Anda temukan. Tapi Anda masih bisa belajar dari situ.

3. Luangkan waktu untuk mencari tahu
Lakukan analisis terhadap situasi yang sudah terjadi dan mencoba untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul sejujur-jujurnya. Apakah Anda percaya pada diri sendiri? Pada saat apa Anda merasa ragu atau takut gagal? Apakah Anda cukup termotivasi? Apakah Anda bertindak atas informasi yang tepat dan menggunakannya dengan benar? Mungkin Anda perlu mengevaluasi semua target dan membuat langkah-langkah baru, serta memasukkan semua kesalahan yang terjadi dalam pertimbangan Anda selanjutnya.

4. Bekerja keras
Selalu membuat persiapan untuk langkah selanjutnya. Gunakan informasi dari analisis Anda, dan mencoba untuk tidak mengulangi salah satu hal yang menurut Anda menyebabkan kegagalan.

5. Jangan kekang antusiasme Anda
Jika merasa antusias atas sebuah usaha, lakukan lebih dari sebelumnya. Cambuk diri untuk terus mencoba dan mencoba lagi. Luapkan semua kemauan, keinginan dan ketekunan Anda untuk meraih sukses. Namun selalu menjaga sikap positif, dan melakukan segalanya dengan kepala tetap dingin. Sekarang, Anda lebih kuat, lebih pintar, lebih siap, lebih berpengalaman dan lebih termotivasi.

6. Jangan takut gagal
Jangan takut untuk melakukannya lagi dengan lebih baik. Melakukannya dengan benar dan menyelesaikan apa yang telah Anda mulai. Dan merayakan setiap kemenangan, meskipun itu yang kecil. Di atas semuanya, perlu diingat bahwa Anda bukan orang pertama yang gagal. Jadikan pelajaran kegagalan-berubah-keberhasilan yang dialami orang-orang terkenal seperti JK Rowlings (penulis Harry Potter), Steve Jobs (pendiri Apple), Michael Jordan (pemain basket), Presiden Abraham Lincoln, dan sebagainya.

Ada pelajaran yang luar biasa yang bisa dipelajari dari orang-orang yang berhasil hanya dengan berfokus pada kegagalan mereka sebelumnya ini - terutama untuk pengusaha atau siapa pun menghadapi tantangan yang serius. 

semoga bermanfaat, amiin.

Bahan Bangunan Lainnya :

Inilah 6 Cara Mengubah Kegagalan Menjadi Keberhasilan
4/ 5
Oleh