Sunday, December 27, 2015

Ingin mata sehat meski sering berada di depan layar monitor?


  • Tidak jarang karena rutinitas dan tuntutan pekerjaan kita bisa berlama-lama di depan komputer. Kebiasaan yang berjalan tahunan tersebut tanpa disadari akan membuat kesehatan mata terganggu. Gejala-gejala yang muncul adalah mata cepat lelah, mudah berair, hingga timbul pusing di kepala. Sebelum mata yang sangat penting dalam kehidupan bermasalah, ada baiknya melakukan langkah-langkah pencegahan di bawah ini.
  • 1. Latihlah mata Anda

    Di zaman yang serba internet, tanpa disadari mata kita terpaku pada layar monitor selama berjam-jam dengan jarak pandang yang sama. Menurut para ahli kesehatan mata, kondisi mata seperti ini bila tidak ada latihan dapat mengalami masalah fokus jauh dan dekat. Untuk itu mata perlu dilatih dengan direnggangkan setiap 20 menit dan dikedip-kedipkan.
  • 2. Jaga jarak pandang mata beberapa sentimeter dari gadget Anda

    Kebanyakan orang karena asyiknya bekerja seringkali lupa dengan yang satu ini. Untuk mengatur jarak pandang antara mata dengan monitor. Hal ini pun terjadi saat anak-anak Anda menonton TV mereka merasa semakin dekat semakin menarik dan enak melihatnya. Padahal Anda harus mengatur jarak seperti yang disarankan adalah sekitar 50-100 cm, dan jika dalam batas minimal Anda masih mengalami kesulitan membaca, sebaiknya huruf diperbesar agar Anda pun dapat merasa nyaman.
  • 3. Minta ke dokter Anda kacamata khusus

    Bila Anda merasa terganggu pandangan dan mulai tidak nyaman, segera ke dokter agar diperiksa kondisi mata Anda. Bila memang diperlukan, jangan menunda untuk membeli kacamata sesuai anjuran dokter. Ingatlah mata adalah jendela untuk melihat isi dunia dan alat vital untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari. Sekarang juga telah tersedia kaca mata untuk melindungi mata dari cahaya yang berlebihan disebut PC glasses.
  • 4. Kurangi silau dari layar gadget

    Aturlah tingkat cahaya di layar agar tidak silau. Bagi beberapa orang mereka tidak senang menggunakan tingkat cahaya yang berlebihan. Sesuaikan brightness dan contrast menurut selera Anda tapi perlu senyaman mungkin untuk mata Anda. Hal tersebut perlu diperhatikan untuk mengatur cahaya agak sedikit redup untuk mencegah mata Anda cepat lelah.
  • 5. Keadaan ruangan

    Bagi Anda yang menginginkan suasana santai dan rileks sewaktu bekerja acapkali tidak memperhatikan penerangan di sekitarnya. Penerangan yang minim akan memaksa mata menjadi tegang dan cepat lelah. Letakkan lampu di dekat tempat Anda membaca agar tulisan dapat terlihat jelas.
  • 6. Sering beristirahat

    Berikanlah waktu istirahat bagi mata Anda jangan terlalu memaksakkan diri atau dikejar target meski keadaan tubuh sudah lelah bekerja. Lakukan istirahat untuk mata Anda dengan cara memandang ke arah yang berbeda paling tidak selama 5 menit setiap jamnya. Ada baiknya juga Anda membatasi penggunaan gadget agar mata bisa mendapat cukup istirahat.
  • 7. Lindungi mata Anda dengan diet yang baik

    Beberapa jenis makanan terbukti dapat membantu perawatan mata. Makanan yang mengandung zat besi yang terdapat di sayur-sayuran hijau. Beta karoten yang terdapat pada sayuran wortel berkhasiat untuk mencegah degenerasi seiring bertambahnya usia.
  • 8. Jagalah kebersihan mata

    Kondisi udara yang makin hari makin kotor sering menimbulkan iritasi dan gatal. Hati-hati jangan mengkucek mata sembarangan apalagi dengan jari yang cenderung kotor. Bersihkan dengan air mengalir. Gunakan tetes mata bila perlu saja. Penggunaan tetes mata yang berlebihan menyebabkan mata kering.

    Mata sebagai salah satu indera terpenting perlu mendapat perhatian yang khusus, baik dalam perawatan maupun pencegahan degenerasi. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati.

Bahan Bangunan Lainnya :

Ingin mata sehat meski sering berada di depan layar monitor?
4/ 5
Oleh