Thursday, February 4, 2016

Mau menjadi kaya? Ikuti 9 langkah dengan rumus ISTIKOMAH

Mau menjadi kaya? Ikuti 9 langkah dengan rumus ISTIKOMAH 
 Foto Abul Faroim At-Tangkiliy.

Kaya dan bergelimpangan harta, Siapa yang tidak mau?
Walaupun cara mendeskripsikannya berbeda-beda, ada yang mengatakan hanya ingin hidup berkecukupan, asal tidak punya hutang, yang penting kaya hati walaupun materi sederhana saja, namun tetap saja namanya kaya.

Siapa sih yang mau hidup miskin? miskin harta atau miskin hati, pasti semuanya jawab tidak ada. Ini merupakan suatu hal yang menarik, setiap orang mengingikan menjadi kaya. Dan banyak jalan yang dapat di tempuh untuk meraihnya, seperti yang banyak terjadi diberita tv dengan menjamurnya tindakan korupsi, penipuan, pencucian uang, penggelapan, dan masih banyak lagi cara kotor. Namun yang berusaha menjadi kaya dengan cara yang jujur juga tak kalah banyak, seperti bekerja keras, rajin menabung, rajin berinvestasi, dan sebagainya.

Cara ini sama halnya dengan cara cepat kaya seperti orang Tionghoa.
Di Indonesia dan beberapa negara di Asia Tenggara seperti Malaysia dan Filipina sekitar 7 dari 10 orang terkaya adalah keturunan Tionghoa. Penasaran apa yang membuat mereka sukses? Ternyata mereka mempunyai rahasia dibalik kesuksesannya, antara lain :
1. Hemat dan cermat dalam mengelola uang. Jika kita biasa menyisihkan 10%-20% dari pendapatan yang kita terima, mereka mampu menyisihkan 50%-80% dari pendapatan mereka untuk ditabung.

2. Memikirkan masa depannya. Ketika banyak dari kita beranggapan "Hidup itu apa yang kita jalani sekarang. Masa depan itu hanya untuk mereka yang sudah tua saja, dan masih banyak waktu". Justru mereka orang tionghoa merasa takut dengan ketidak pastian masa depan yang akan dijalaninya.

3. Mengerti cara membuat uang tumbuh. Mereka dalam kesehariannya lebih suka berbisnis. Bisa kita perhatikan sendiri dimana ada usaha baik itu toko, usaha jasa, hingga pabrik. Dan kebanyakan semua itu dikuasai keturunan Tionghoa. Seakan-akan mereka tahu dimana tempat uang itu akan jatuh.

4. Mengejar jumlah. Bukan hasil banyak yang dicari, walaupun sedikit tetapi pelanggan yang bayak itu lebih baik dari pada jumlah pelanggan yang sedikit.
5. Tidak berutang. Berutang adalah aib. Mereka tidak akan meminjam kecuali tidak ada lagi jalan untuk mendapatkannya dan berutang adalah jalan terakhir.
6. Tidak tabu membicarakan uang. Umumnya kita membicarakan masalah uang, gaji adalah hal yang tabu, risih. Kita mengatakan "gaji itu pribadi". Mereka jauh lebih terbuka tentang gaji dan dari gaji itu dibuat apa saja.
7. Selalu menawar untuk harga terbaik. Prinsip mereka "Jangan malu untuk menawar".
8. Memberi yang terbaik untuk orang tua dan guru. Prinsip mereka sama seperti budaya orang timur. Memberikan sesuatu untuk orang tua, termasuk juga guru adalah dengan pemberian yang terbaik. Mereka yakin dengan berbuat seperti itu akan diberikan kedamaian dan sesuatu yang lebih baik. [1]
Maka selain contoh dari kehidupan keturunan Tionghoa diatas. Yang tidak kalah penting dari itu semua, lakukan 9 langkah KAYA UANG dengan rumus ISTIKOMAH [2]
• Istighfar
Manusia adalah tempat salah dan lupa. Sebagaimana Pepatah Arab menyebutkan;
الإنسان محلّ الخطاء والنسيان
"Manusia adalah tempat salah dan lupa". [3] Oleh karenanya ia sering berbuat dosa dan kesalahan, disengaja atau tidak disengaja. Maka membaca istighfar adalah salah satu alternatif, obat manjur untuk menghapus dosa, sekaligus mendatangkan rezeki.
"Dengan banyak ber-ISTIGHFAR, rezeki menjadi LANCAR".
• Syukur
Syukur adalah berterima kasih kepada Allah SWT. atas segala nikmat-Nya tmyang tak terhitung banyaknya, baik nikmat dhohir maupun nikmat batin. Dalam Al-Qur'an disebutkan;
وإن تعدّوا نعمةَ اللهِ لاتُحصُوها إنّ اللهَ لَغفورٌ رّحيمٌ
"Jikalau kalian menghitung nikmat Allah, niscaya kalian tidak dapat menghitungnya". (QS. An-Nahl: 18). Yang dimaksud dengan ayat ini disebutkan dalam Tafsir Al Jalalain (hal. 278), “Jika kalian tidak mampu menghitungnya, lebih-lebih untuk mensyukuri semuanya. Namun kekurangan dan kedurhakaan kalian masih Allah maafkan (bagi yang mau bertaubat, -pen), Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” [4]
"Ber-SYUKUR menjadikan KAYA dan MAKMUR".
• Takwa
Takwa adalah modal utama untuk mendatangkan rezeki dari berbagai penjuru. Bertakwa kepada Allah Ta'ala adalah sikap takut dan tunduk dengan sepenuh jiwa dan raga, serta melindungi dan memelihara hak-hak-Nya, baik yang bersifat vertikal maupun yang horizontal.
"Bertakwalah maka rezeki akan melimpah. Dan TAKWA adalah modal KAYA".
• Infak
Infak atau shodaqah jariyah adalah cara cepat sebagai pintu gaib untuk penambah rezeki dan menjadikan kaya raya. Betapa tidak? Menafkahkan satu harta sama Allah, maka Allah SWT akan mengganti 10 kali lipat, 700 kali lipat atau lebih dari itu. Jadi matematika sedekah sebagai berikut:
10-1 bukan 9, namun 19
1-1 bukan 0, namun 10
1 juta- 1juta bukan 0, namun 10 juta dan seterusnya.
"Jangan menunggu KAYA untuk bersedekah, tapi BERSEDEKAH-lah agar cepat KAYA".
• Kembali kepada Allah atau taubat
Al-Hafidz Ibnu Katsir menafsirkan Ayat فقلتُ استغفروا ربَّكُم إنّه كان غفّارًا ....إلخ
Sebagai berikut: "Jika kamu bertaubat kepada Allah, memihon ampun dan taat kepada-Nya, maka Allah SWT akan memperbanyak rezekimu, menyiram ke atas kamu keberkahan dari langit, menumbuhkan untuk kamu keberkahan dari bumi, menumbuhkan tanaman-tanaman untukmu, memperderas air susu untukmu dan memberimu harta yang berlimpah dan anak-anak. Kemudian Allah SWT juga menjadikan untukmu kebun-kebun yang penuh dengan buah-buahan, serta melengkapinya dengan sungai-sungai yang mengalir diantara kebun-kebun itu". Subhanallah...! Luar biasa ! "Ber-Taubat-lah segera, maka REZEKI datang deras brr
• Orang shalih menjadi teman karibnya
Dijelaskan dalam Kitab Ta'lim al-Muta'allim Thoriqotut Ta'lim Wat Ta'allum;
عن المرء لا تسأل وسل عن قرينه # فإنّ القرين بالمقارن يقتدي
"Jangan kamu bertanya siapa dia, cukup kamu tahu siapa temannya # Sesungguhnya teman mengikuti seorang yang ditemaninya". Maka carilah teman sholeh yang dapat mengantarmu sukses.
• Mantap kepada Allah SWT alias tawakkal
Untuk meraih kekayaan dengan cepat salah satunya adalah mantap, yakin dengan janji Allah. Tidak ada makhluk didunia ini yang tidak makan, semua diberikan rezeki oleh Allah SWT. Maka orang yang tawakkal (berserah diri) setelah ikhtiyar dan berdoa akan dicukupi segala kebutuhannya.
• Ayomi Dluafa'
Menyantuni anak yatim, dluafa' (orang-orang yang membutuhkan) adalah amal yang dicintai oleh Allah dan Rasul-Nya. Maka bukanlah hal yang sulit bagi Allah Ta'ala menjadikan anda kaya dengan cepat.
• Hubungan sanak atau silaturrahim yang terus dijaga
Silaturrahmi (menyambung sanak famili, kerabat, teman) adalah amal yang menambah umur, mempercepat datangnya rezeki.
Kesimpulan :
* Raih kekayaan UANG dengan rumus ISTIKOMAH (Istighfar, Syukur, Takwa, Infak, Kembali kepada Allah, Orang Sholih menjadi teman karibnya, Mantap kepada Allah SWT alias Tawakkal, Ayomi Dluafa', Hubungan sanak atau silaturrahim yang terus dijaga).
Daftar Pustaka:
[1] www.mibah.com › cara-cepat-kaya-seper...
[2] Abdurrahman, Masykuri.2015.HIDUP DILARANG MISKIN. PASURUAN: Cahaya Berkah.
[3] abizurah.blogspot.com › 2014/11 › rahas...
[4] https://rumaysho.com › 3347-tak-sanggu...
10:00 Kamis, 04 Februari 2016.
SukaKomentari

Bahan Bangunan Lainnya :

Mau menjadi kaya? Ikuti 9 langkah dengan rumus ISTIKOMAH
4/ 5
Oleh