Friday, February 5, 2016

Menghina Adalah Tanda Sombong, Walaupun Kepada Iblis Sekalipun [ Pesan KH Maimoen Zubair]

kangsoal.blogspot.co.id - Mbah KH. Maimun Zubair adalah salah satu ulama sepuh NU sekaligus Pengasuh Pondok Piesantren Al- Anwar Sarang Rembang yang nasehatnya didengar oleh ummat,  Beliau berpesan sebagai berikuat :
[KH Maimoen Zubair] Menghina Adalah Tanda Sombong, Walau Kepada Iblis Sekalipun
Pasan  Syaikhuna KH. Maimoen Zubair:

Hajjaj Ats Tsaqofiy, siapa yg tidak kenal panglima perang Dinasti Umayyah ini, panglima yg dikecam banyak sahabat dan tabi'in karena kekejamannya. Ketika bercerita tentang (diantara kekejaman) beliau, Mbah Mun dawuh:
"jangan (ikut-ikutan) menghina Hajjaj!. Meskipun dia begitu, tapi kalau bukan karena jasanya tentu kita sekarang tidak bisa baca Al Qur-an, karena beliaulah yg mengeluarkan perintah memberi tanda baca Al Qur-an sehinga mudah dibaca."

Abdulloh bin Ubay bin Salul, siapa tidak tahu gembong orang munafiq ini, musuh dalam selimut kaum muslim zaman Rosululloh saw., dia juga (diantara) orang Madinah yg menuduh Nabi saw. tidak adil mengenai pembagian harta rampasan perang Hunain, kenapa hanya diberikan kepada kaum muhajirin yg banyak kabur dari medan perang, sedangkan kaum anshor yg mati2an berjuang tidak diberi bagian. Tentang si Abdulloh bin Ubay ini, Mbah Mun pun dawuh:
"Jangan menghina Abdulloh bin Ubay!. Karena, seandainya kita dalam posisinya waktu itu, belum tentu kita bersikap lebih baik darinya."

Baca Juga : Cara Agar Mulia Dunia Dan Akhirat ( Pesan KH Maimun Zubair )

Dan bahkan tentang iblis pun beliau berpesan sama, JANGAN MENGHINA...!!. Tidak ada seorang pun menghina sesuatu kecuali ia menganggap dirinya lebih baik, dan itu adalah KESOMBONGAN. 
 

Bahan Bangunan Lainnya :

Menghina Adalah Tanda Sombong, Walaupun Kepada Iblis Sekalipun [ Pesan KH Maimoen Zubair]
4/ 5
Oleh